3.15.2008

10,000 Promises ala Backstreet Boys


What about your…
Your ten thousand promises…
That you gave to me…
Your ten thousand promises…
That you promised me…

Kalimat tersebut merupakan penggalan lirik lagu 10,000 promises yang dipopulerkan oleh Backstreet Boys. Bagi para pecinta boyband, nama Backstreet Boys atau yang juga dikenal sebagai BSB sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga mereka. Backstreet Boys merupakan salah satu dari kelompok musik paling laris di dunia. Lagu-lagu yang mereka bawakan selalu diterima oleh masyarakat dan mendapatkan apresiasi yang baik dari penggemarnya. Lagu-lagu Backstreet Boys selalu mampir di tangga lagu dunia dan beberapa hit single mereka berhasil masuk dalam daftar Bilboard Hot 100.

Puncak kesuksesan mereka terjadi sepanjang tahun 1990-2000. Berangkat dari audisi lokal di Orlando tahun 1994, boyband ini dibentuk. Pada awalnya audisi ini mempertemukan A.J Mclean, Howie Dorough dan Nick Carter. Kemudian ada salah seorang cowok yang bernama Kevin Richarsdon ingin bergabung dengan mereka. Bersama dengan sepupunya yang bernama Brian Littrell, akhirnya Kevin masuk dan menjadi anggota tetap Backstreet Boys. Sejak saat itu mereka menjadi boyband yang paling digandrungi di dunia. Konser-konser yang mereka gelar selalu sukses dan dipadati oleh lebih dari 3000 orang.

Backstreet Boys yang sempat vakum lebih dari 3 tahun telah sukses dengan beberapa albumnya seperti Backstreet Boys (1995), Backstreet Back (1997), Millenium (1999), Black and Blue (2000), dan The Hit, Chapter (2001). Kekosongan terjadi setelah album kumpulan lagu-lagu hit mereka itu dirilis. Nick Carter sibuk bersolo karier dengan album Now or Never, Brian sibuk untuk menyambut kelahiran bayinya, dan AJ yang tidak terdengar kabarnya tiba-tiba muncul di Oprah Winfrey Show dan bercerita tentang ketergantungannya pada alkohol dan obat-obatan terlarang. Namun, kekosongan itu berlangsung tidak lama. Pada 2004, mereka kembali bersatu dan mencoba tur kecil-kecilan ke sejumlah negara Asia. Sukses dengan tur kecil itu, Backstreet Boys kembali mengadakan tur mereka ke Meksiko. Itulah yang akhirnya membuat percaya diri mereka kembali untuk merilis album Never Gone di tahun 2005.

Pada tahun 2006, salah satu anggota Backstreet Boys yang bernama Kevin Richardson memutuskan untuk mengundurkan diri secara baik-baik karena ingin lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga. Meskipun telah ditinggalkan oleh salah satu anggotanya, Backstreet Boys tetap melanjutkan eksistensinya di dunia musik. Dengan beranggotakan hanya 4 orang, pada Oktober 2007, Backstreet Boys merilis album barunya yang berjudul “Unbreakble“ dengan hit singlenya Helpless When She Smiles. Album Unbreakble tersebut khusus dipersembahkan untuk para penggemar mereka, yang setia menemani mereka selama 15 tahun. Meskipun Backstreet Boys sempat beristirahat lama dan kehilangan salah satu anggotanya, pada akhirnya mereka dapat membuktikan kepada dunia bahwa mereka masih tetap menyajikan yang terbaik untuk para penggemar mereka yang tersebar di berbagai belahan dunia. Backstreet Boys kembali untuk para penggemar mereka, sebuah bentuk 10,000 promises ala Backstreet Boys.
Dengan adanya album baru ini, telah membuktikan bahwa Backstreet Boys masih bertahan dibandingkan boyband lainnya. Backstreet Boys selalu membuat kejutan-kejutan dalam setiap album barunya. Dibandingkan dengan album-albumnya yang lama, Unbreakble memiliki genre musik yang sangat dewasa dan mulai mengikuti trend masa kini. Album Unbreakble yang berdasarkan atas kejadian yang menimpa para anggotanya, mulai dari operasi jantung Brian, kematian salah satu anggota keluarga serta kehilangan salah satu anggotanya membuat album ini lebih memiliki cerita dan makna tersendiri bagi mereka

Dalam rangka mempromosikan album terbarunya, Backstreet Boys mengadakan tur dunia di sejumlah negara ASIA yang berlangsung mulai 11 Februari 2008. Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang dikunjungi dalam tur dunia Unbrekable. Pada tanggal 25 Februari 2008, konser Backstreet Boys digelar di Jakarta Convention Centre. Konser yang dipromotori oleh Buena Produktama telah menyiapkan 3.500 lembar yang masing-masing dijual dengan harga 1,5 juta untuk VIP, 750 ribu untuk festival, dan 600 ribu untuk kelas reguler. Meskipun harga tiket yang dipatok sangat tinggi, namun banyak para penggemarnya yang rela mengeluarkan uang untuk mengobati rasa rindu mereka terhadap Backstreet Boys. Selain itu banyak para pecinta musik di Indonesia yang tidak akan melewatkan begitu saja konser boyband yang fenomenal 15 tahun lalu.

Di Indonesia, Backstreet Boys masih memiliki penggemar setia hingga kini. Apalagi Backstreet Boys dikenal sebagai kelompok vokal yang tidak hanya mengandalkan tampang keren dan suara yang bagus tetapi juga aksi panggung yang spektakuler. Backstreet Boys tidak hanya akan bernyanyi tetapi juga ingin memberi hiburan lewat permainan tata cahaya yang spektakuler sehingga sulit untuk dilupakan bagi penggemarnya. Aksi panggungnya selalu memiliki konsep, seperti yang digelar di Jakarta, Backstreet Boys menghadirkan aksi teatrikal musik yang menceritakan tentang perjalanan karir mereka selama belasan tahun di dunia musik.
Tanggal 25 Februari 2008, merupakan malam yang tidak akan dilupakan oleh penggemar boyband Indonesia, karena salah satu legenda boyband yang sudah berkarya di dunia musik selama belasan tahun, mengadakan konser pertamanya di Indonesia. Konser yang dipadati oleh ribuan pengunjung yang mayoritas adalah kaum cewek, Backstreet Boys mencoba untuk bernostalgia dengan para penggemarnya setelah sekian lama absen dari dunia musik. Bahkan penonton yang memadati area JCC terdiri dari generasi yang berbeda-beda mulai dari anak berusia 12 tahun, ABG, hingga mereka yang telah memiliki anak. Konser tersebut tidak hanya sukses menampilkan pertunjukan yang fantastis tetapi juga sukses menggabungkan dua generasi penonton. Generasi pertama asdalah penggemar dewasa yang sempat mengikuti perjalanan karir mereka di tahun 1990-an dan generasi kedua, ABG yang masih bisa menikmati karya mereka sejak kembali bersatu di tahun 2005.

Kelompok musik asal Orlando, Florida tersebut membuka konser dengan salah satu hit singlenya yang berjudul “Larger Than Life” yang diambil dari album “Millenium”. Backstreet Boys mengguncang panggung konser dengan penampilan awal yang sangat unik. Dalam keadaan pencahayaan remang, terdengar suara lantang seorang pria memanggil satu persatu personel seperti pembawa acara tinju memperkenalkan pemainnya. Setiap satu nama dipanggil, maka satu sosok tubuh dibalut jubah petinju warna putih keemasan terlihat di bawah sorot cahaya. Demikian seterusnya hingga mereka semua dipanggil dan membawakan “Larger Than Life” yang intronya diaransemen ulang seperti lagu tema film Rocky.

Backstreet Boys menyuguhkan penampilan yang luar biasa, aksi panggung yang energik didukung oleh tata lampu dan sound system yang spektakuler. Usia mereka yang tidak lagi muda tampaknya tidak membuat mereka berhenti untuk memuaskan para penggemarnya. Dalam konser yang berdurasi sekitar 2 jam, para penonton terhipnotis oleh 4 pria tampan asal Orlando yang menyanyikan hits mereka mulai dari album pertama hingga album terbaru mereka yang bertajuk “Unbrekable“. Meskipun telah kembali dengan Never Gone dan Unbreakable, penonton malam itu tetap menantikan lagu-lagu lama mereka. Sayangnya, ini adalah konser promo Unbreakable sehingga dari 23 lagu yang mereka bawakan, delapan di antaranya adalah lagu dari album tersebut, Inconsolable, Helpless when She Smiles, Any Other Way, Panic, You Can Let Go, Trouble Is, Treat Me Right, dan Unmistakable. Banyak penggemar tidak begitu mengenal lagu-lagu tersebut. Tapi reaksi mereka berbeda ketika band yang mengiringi Backstreet Boys bernyanyi mulai memainkan intro hit pertama dari album perdana mereka.

Hits dari album mereka yang terdahulu terdengar berbeda karena di aransemen ulang dengan sangat cantik hingga melarutkan kenangan para penonton kemasa-masa keemasan Backstreet Boys. Lagu hits–hits lama mereka selalu membuat para penonton untuk ikut bernyanyi bersama. Saat lagu Show Me The Meaning Of Being Lonely dibawakan, para personil Backstreet Boys membuat suasana seperti di bar dan beradegan sedang berjudi, tetapi tetap bernyanyi dan disambung ke lagu More Than That. Hits-hits lama lainnya seperti Quit Playing Games With My Heart, As Long As You Love Me, All I Have To Give, dan I’ll Never Break Your Heart dibawakan secara medley. Sungguh suatu moment yang sangat spektakuler membuat sebagian besar dari penonton bernostalgia masa kecil dan dibuat ikut bernyanyi sepanjang medley. Sisanya, hit dari album Backstreet Boys lainnya, seperti ”Get Down (You're the One for Me)” dan ”We've Got it Goin' On” sama sekali tidak terdengar. Hal inilah yang membuat beberapa penonton merasa ada yang kurang dibalik konser yang spektakuler tersebut. Terlepas dari hal itu, mereka sudah cukup puas dengan aksi panggung Howie, A.J, Nick dan Brian

Ada hal menarik lainnya dari konser tersebut ketika masing-masing anggotanya bernyanyi solo dengan lagu andalan mereka masing-masing. Howie dengan aksen latinnya menyanyikan “She’s Like The Sun”, kemudian A.J tampil dengan kaos putih tanpa lengan dipadu celana hitam berjingkrak dan berjoget di atas panggung membawakan lagu pop-rock "Drive By Love". Goyangan pinggulnya yang hot sambil berputar-putar mendapat tepuk tangan dan teriakan histeris para ABG. Tidak ketinggalan, Nick Carter, anggotanya yang paling muda muncul dengan single “I Got You“ juga ikut meramaikan konser malam itu. Dan solo terakhir dibawakan oleh Brian Littrell lewat lagu “Welcome Home“.

Sebagai penutup, mereka membawakan lagu Shape of My Heart yang menjadi single pertama mereka dari album Black and Blue. Konser malam itu tidak hanya bertujuan untuk memberikan hiburan semata atau untuk melepaskan kerinduan terhadap Backstreet Boys tetapi juga memiliki nilai sejarah bagi penggemarnya. Berakhirnya konser tersebut menandakan bahwa Backstreet Boys telah memenuhi janjinya kepada ribuan penggemar Backstreet Boys yang ada di Indonesia. Sebuah bentuk 10,000 promises yang diberikan oleh Backstreet Boys untuk para penggemar mereka yakni Backstreet Boys akan selalu memberikan yang terbaik untuk para penggemar.

Tidak ada komentar: