3.18.2008

cerita indahku di masa kuliah

kalo diingat, aku kangen ama cerita itu dan aku pengen mengalami cerita itu untuk ke-2kalinya. cerita itu berawal di sebuah desa yang bernama sumber ketempa, kalisat, jember. aku dan ke-5 temanku kebetulan KKN di desa itu. kami ber-6 telah membentuk kenangan indah/ buruk dalam waktu 40 hari. meskipun sebentar, namun kebersamaan selama 40 hari itu merupakan awal dari jalinan persahabatan dan persaudaraan yang indah.aku bersyukur bisa mengenal mereka lebih dekat karena merekalah yang mengajari aku apa artinya toleransi, sikap menghormati, sikap menghargai, saling memahami karakter dan saling menolong.

kalo diingat, awal pertemuan itu sangat tidak mengenakkan. maklum kita ber-6 pada awalnya tidak saling mengenal meskipun kita satu kampus kecuali aku, eka dan heri. banyak kerikil-kerikil tajam, perbedaan pendapat, perbedaan persepsi, perbedaan cara pandang mewarnai kelompok KKN 24 ini.belum lagi, mengenai perbedaan karakter diantara kami ber-6 membuat kami sulit untuk menyesuaikan diri satu sama lain. ada rully dengan prinsipnya yang keras, eka yang meledak-ledak, heri yang cuek, doni yang sensitif dan abdur yang serba nyantai.sementara aku..... aku adalah orang yang memiliki karakter yang berbeda dari mereka. namun, kemudian aspek kepentinganlah yang membuat kami bersatu, yakni kepentingan mendapat nilai A di KKN (he...he...he...)

kalo diingat, aspek kepentingan itu berkembang menajdi rasa persahabatan dan persaudaraan yang tulus. seiring dengan berjalannya waktu kami dapat memahami satu sama lain, bahkan kami saling melengkapi satu sama lain. rasa itu membuat kami saling membantu tanpa mengharap imbalan. bahkan kami saling berbagi kebaikan, kesedihan dan kebahagiaan. aku bersyukur karena kekompakan kelompok 24 merupakan hal yang nyata dan bukan maya. kami saling memperhatikan satu sama lain sehingga kamipun tau ketika ada salah seorang dari kami yang terusik.

kalo diingat, cerita bahagia adalah ketika kami merayakan ultah eka yang ke-21di posko. waktu itu,kami memutuskan untuk mengerjai dia dan kami berhasil 100% bikin dia nangis.he...he....he... sebenarnya waktu itu sich aku merasa bersalah (coz eka is my best friend) tapi mau gimana lagi itu udah jadi kesepakatan kelompok. pada akhirnya tangisan itu menjadi tawa bahagia. sebuah hasil akhir yang kuharapkan tentunya.

kalo diingat, cerita sedih kala itu ketika aku dan rully mengalami kecelakan yang membuat rully harus dirawat di RS dan harus istirahat di rumah. jujur, ketika itu terjadi aku merasa bersalah telah menyebabkan kecelakaan itu (karena waktu itu aku yang bawa motor). perasaan bersalah itu terus menghatuiku dan mengejar ke manapun aku pergi dan berlari. semua program terancam gagal. namun, mereka adalah teman-teman yang baik. mereka tidak pernah menyalahkanku, mereka bahkan menghiburku bahwa itu sebuah kecelakaan yang sudah menjadi takdir dari 4JJI dan bukan salahku. mereka berusaha untuk membuatku tersenyum dan bangkit kembali. untunglah aku bisa kembali dan program yang sudah terencana tidak terancam gagal. karena kelompok 24 pantang menyerah dengan situasi dan kondisi.

diingat, masalah bukanlah hal yang harus dikhawatirkan tetapi masalah adalah hal yang harus diselesaikan. semua masalah KKN kami pecahkan bersama, berusaha mencari kata mufakat demi kepentingan kelompok. meskipun, seandainya jalan keluar itu tidak sesuai dengan salah satu pihak, tapi dia harus bisa menerima, menghargai, dan menghormati keputusan itu.

kalo diingat, selain cerita bahagia dan sedih, banyak cerita-cerita lain yang terbentuk di sana, terbingkai menjadi suatu kenangan dalam memori yang indah. cerita lucu, menakutkan, menyebalkan dan membingungkan. satu hal yang kupelajari dari cerita-cerita itu adalah semua hal di dunia ini memiliki arti dan maknanya sendiri. sama, cerita itu juga mengandung arti dan makna yang sangat membekas di hatiku. dan hanya aku sendiri yang tau apa arti dan makna di balik cerita itu

kalo diingat, masih banyak hal-hal yang perlu diceritakan, namun, butuh banyak tempat untuk cerita-cerita tersebut. dan beratus-ratus bahkan beribu-ribu kertas tidak akan cukup untuk menuliskan cerita-cerita itu.

kalo diingat,cerita itu sudah setahun berlalu tapi aku masih mengingatnya dengan jelas seperti cerita kemaren sore.

kalo diingat, KKN FISIP kelompok 24 tahun 2006 adalah cerita indahku di masa kuliah........

1 komentar:

eko "RDV" purnomo mengatakan...

aku dulu juga KKN di sumber ketampa kalisat...