5.15.2009

Gustavo Cisneros, Jadi Menantu Pesaing (2)

KONTAN, INTERNASIONAL, FENOMENA

FITRI NUR ARIFENIE

Gustavo Cisneros dan isterinya merupakan dua sosok sosialita terkenal dunia. Mereka membangun relasi dengan para politisi, selebritis dan penguasa berbagai negara. Gustavo juga terkenal karena idenya kreatif dan metode pendekatannya unik. Misalnya, Gustavo membuat kejutan ketika membeli perusahaan perlengkapan olahraga Spalding di saat Venezuela terkena resesi.

BISNIS Gustavo Cisneros makin kokoh setelah ia menikah. Maklumlah, ia menikahi puteri pesaing bisnis keluarganya. Pada tahun 1970, ia menikah dengan Patricia Phelps. Keluarga Phelps merupakan pendiri dan pemilik radio Caracas yang merupakan saingan utama Venevision milik Cisneros.

Gustavo dan Patricia Phelps de Cisneros memiliki reputasi kelas dunia sebagai pasangan Amerika Latin yang memiliki jaringan bisnis dan kegiatan sosial. Gustavo terkenal dengan ide-idenya yang kreatif serta metode pendekatannya yang unik. Ia bisa membuat hal-hal yang tidak terduga tapi menguntungkan bagi perusahaannya.

Pria berusia 64 tahun ini juga memiliki pergaulan luas di kalangan elite. Temantemannya berasal dari kalangan selebriti serta kalangan pejabat.
Selama bertahun-tahun Gustavo Cisneros dan keluarganya membangun hubungan erat dengan para politisi dan penguasa di seluruh dunia. Misalnya, David Rockefeller, Henry Kissingers dan pengacara Washington, Vernon Jordan. Gustavo juga menjalin hubungan baik dengan Carlos Andres Perez, mantan Presiden Venezuela.

Sedangkan Patricia terkenal sebagai penyuka barang seni. Ia juga kolektor benda seni. Tak heran jika pasangan ini mendirikan yayasan Cisneros yang bergerak di bidang pendidikan, budaya, lingkungan, dan kesehatan.

Grup Cisneros juga agresif. Pada tahun 1975, Cisneros mengakuisisi supermarket terbesar di Venezuela yang bernama Cada Automercado. Setahun kemudian, Cada Automercado adalah perusahaan Venezuela pertama yang berekspansi ke luar negeri. Cada mengakuisisi 20% saham International Basic Economy Corporation, salah satu perusahaan afi liasi Rockefeller Group.

Pada tahun 1976, Cisnero Grup sudah memiliki 48 gerai supermarket dan memproduksi belasan produk minuman bersoda. Grup bisnis itu bisa membesar karena mampu mengintegrasikan berbagai bisnisnya dan menggunakan satu perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang lain.

Misalnya, stasiun televisi Venevision menayangkan iklan setiap produk yang ada di supermarket mereka. Venevision, saat ini merupakan saluran yang paling dominan di Venezuela.

Bahkan, bintang-bintang baru opera sabun produksi Grup Cisneros juga mempengaruhi masyarakat untuk mengonsumsi minuman milik Cisneros dan menggunakan sampo Cisneros.
Grup Cisneros merupakan promotor pertama ajang Miss Venezuela. Sebagian wanita yang ikut serta dalam ajang itu juga nantinya menjadi model iklan produk Cisneros dan kerap tampil di saluran televisi Venevision.

Selain berbisnis barang konsumsi, Gustavo juga merambah bisnis yang berbau pornografi . Kebetulan, salah seorang keluarga Cisneros memiliki hak tayang saluran televisi Playboy.

Dia juga jeli mengamati kondisi pasar. Pada era tahun 1980-an, Venezuela mengalami inflansi tinggi mencapai 40%. Guna menghindari kerugian akibat situasi ini, Gustavo berinvestasi di luar negeri dengan membeli perusahaan raksasa olahraga Spalding seharga US$ 175 juta pada 1984.

Banyak yang tercengang dengan aksi tersebut karena keputusan Gustavo tadi bisa membebani keuangan Grup Cisneros. Menanggapi berbagai komentar tadi, dia berkata bahwa ia tidak akan membeli ataupun menjual bisnisnya apabila tidak mendatangkan keuntungan. Terbukti, dua belas tahun kemudian ia berhasil menjual Spalding seharga US$ 1,2. (Bersambung)

Tidak ada komentar: