6.08.2008

euro 2008, enjoy it!!


euforia kemeriahan euro 2008 tampaknya juga hinggap di Indonesia. hampir semua stasiun telivisi swasta yang bernaung di bawah MNC menyiarkan perhelatan akbar ini yang dibuka tanggal 7 juni 2008 dengan pertandingan perdana adalah swiss melawan rep. ceko. sama seperti piala euro sebelumnya, piala euro kali ini juga menarik minat banyak perhatian para penonton. hampir semua orang tidak akan melewatkan ajang bergengsi ini.
untuk pertandingan kali ini, panitia euro 2008 telah bersiap diri untuk memanjakan penontonnya. bahkan pada partai final di Stadion Ernst-Happel, 29 Juni nanti, sebanyak 30 kamera akan meliput pertandingan dari berbagai sisi. Diharapkan, pemirsa televisi akan merasakan kepuasan. Dengan dikerahkannya 30 kamera tersebut, diharapkan seluruh adegan penting dalam pertandingan tertangkap televisi. Selain itu, kualitas liputan juga diharapkan semakin tinggi, karena banyak sudut yang bisa diambil. Sedangkan untuk setiap pertandingan juga akan melibatkan jumlah kamera yang hampir sama, tergantung dengan kebutuhan dan kondisi di stadion. Peralatan tercanggih dalam bidang penyiaran televisi dimanfaatkan. Sebanyak 1.300 tenaga ahli akan terlibat dalam produksi siaran Euro 2008 tersebut. Rencananya, setiap pertandingan Euro 2008 akan disiarkan secara langsung ke 200 negara, termasuk Indonesia. sehingga bagi yang tidak dapat menonton secara langsung, anda dapat menikmatinya dari telivisi di rumah.
selain itu, untuk maskot, panitia juga telah memilih Trix dan Flix sebagai maskot euro 2008. Nama Trix and Flix dipilih setelah melalui voting warga Austria dan Switzerland. Trix and Flix mengalahkan 2 usulan nama lainnya, yaitu "Zagi and Zigi" dan "Flitz and Blitz". Meski nama Trix lebih sering digunakan sebagai nama perempuan di Switzerland (contoh: Beatrix), menurut Presiden Asosiasi Sepakbola Austria - Friedrich Stickler, "they are both boys - I assume'. Si kembar Trix dan Flix memiliki rambut jabrik yang menggambarkan pegunungan yang terkenal di Austria dan Switzerland, serta mengenakan baju merah putih, warna yang identik dengan bendera kedua negara tersebut. Pada kaos Trix and Flix tertera angka 20 dan 08 yang menunjukkan tahun penyelenggaraan Euro, dimana angka 20 menunjukkan sifat pemberontak dan kreatis, sedangkan angka 08 melambangkan hal yang serius, sesuai dengan motto Euro 2008: EXPECT EMOTIONS. Trix and Flix adalah maskot kembar pertama yang digunakan sepanjang sejarah Euro.
Ada 16 Negara yang bersaing untuk memperebutkan Piala Eropa 2008, dari keempat grup yang ada Grup C merupakan grup neraka dimana dihuni Juara Piala Dunia 2006 Italia, Juara Piala Eropa 2000 Perancis, dan Negara dengan Total FootBallnya Belanda (kompeni). Juara Bertahan Euro 2004 Yunani menempati grup D bersama dengan Spanyol dan Rusia. Jerman Berada di Grup B dengan Kroasia, Austria, Polandia, sementara Portugal berada di Grup A bersama Ceko, Swiss, dan Turki. Tapi sayang Euro 2008 kurang gregetnya karena tidak lolosnya Inggris “negara pencetus sepakbola pertama kali”. meski begitu, absennya Inggris ternyata tidak mempengaruhi kemeriahan pesta euro 2008.
so, let's enjoy the party!!!!!
jadwal pertandingan euro 2008
Grup A
7 Juni di Basel Swiss v Republik Ceska
7 Juni di Jenewa Portugal v Turki
11 Juni di Basel Swiss v Turki
11 Juni di Geneva Republik Ceska v Portugal
15 Juni di Basel Swiss v Portugal
15 Juni di Geneva Turki v Republik Ceska
Grup B
8 Juni di Wina Austria v Kroasia
8 Juni di Klagenfurt Jerman v Polandia
12 Juni di Klagenfurt Kroasia v Jerman
12 Juni di Wina Austria v Polandia
16 Juni di Klagenfurt Polandia v Kroasia
16 Juni di Wina Austria v Jerman
Grup C
9 Juni di Zurich Rumania v Prancis
9 Juni di Berne Belanda v Italia
13 Juni di Zurich Italia v Rumania
13 Juni di Berne Belanda v Prancis
13 Juni di Zurich Prancis v Italia
17 Juni di Berne Belanda v Rumania
Grup D
10 Juni di Innsbruck Spanyol v Rusia
10 Juni di Salzburg Yunani v Swedia
14 Juni di Innsbruck Swedia v Spanyol
14 Juni di Salzburg Yunani v Rusia
18 Juni di Salzburg Yunani v Spanyol
18 Juni di Innsbruck Rusia v Swedia
Perempatfinal1.
19 Juni di Basel Pemenang Grup A v Runner-up Grup B2.
20 Juni di Wina Pemenang Grup B v Runner-up Grup A3.
21 Juni di Basel Pemenang Grup C v Runner-up Grup D4. 22 Juni di Wina Pemenang Grup D v Runner-up Grup C

Semifinal1.
25 Juni di Basel Pemenang QF 1 v Pemenang QF 22.
26 Juni di Wienna Pemenang QF 3 v Pemenang QF 4

Final
29 Juni di Wina Pemenang SF 1 v Pemenang SF 2.

Tidak ada komentar: